Cari Blog Ini

Jumat, 18 Januari 2013

10 Tips Mengatasi Anak Susah Makan


Bunda....
           Ada yang pernah menghadapi anak susah makan ? sudah capek-capek masak anak tidak mau makan, kebetulan sama dengan pengalaman saya nih :) , Anak saya sekarang usia 3,4 th ,dulu waktu usia mulai makan yaitu 6 bulan ke atas, susah sekali di kenalkan pada makanan, untung saja dia mau makan pisang, yang menambah kekwatiran saya lagi adalah semakin bertambahnya usia anak saya tidak kunjung doyan makan, giliran mau makan maunya makanan orang dewasa, kalau masakan harus yang benar-benar berasa bumbunya, padahal bunda tahu yaa...untuk anak seumuran 6 bulan - 2 tahun harus hati-hati sekali dengan makanan, saya sudah coba semua makanan instan untuk bayi atau anak, tidak ada satupun yang disukai anak saya, pusing dan kwatir sekali, untung saja saya bisa menyusui sampai anak saya berusia 2 tahun. Disamping susah makan anak saya juga alergi susu sapi, waktu saya membawa anak saya ke dokter untuk konsultasi, dia menyarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai, alhasil saya beli susu kedelai dari merk yang cukup terkenal ( tidak usah sebut merk yaa ga enak ...) harganya sih lumayan mahal...tapi demi anak..mau tidak mau kan yaa...ternyata anak saya juga tidak suka :(  sedih rasanya.
           Hampir semua merk susu di Indonesia saya sudah coba, hasilnya nol, malahan anak saya muntah :( karena takut akhirnya saya tidak kasih susu instan lagi, sudah makan susah, susu instan tidak mau..praktis anak saya hanya tergantung dengan ASI, menyadari itu saya mulai browsing ke internet, tanya kanan kiri, semua jurus sudah di coba, ke dokter juga di kasih vitamin, ternyata anak saya juga susah minum obat atau vitamin, jadi kalau minum suka muntah...akhirnya saya tidak minumkan lagi ( pusing kan yaa...) apalagi saya waktu itu masih kerja, untuk saya tinggal di kantor, jadi sambil kerja sambil jaga anak..( kebayang kan repotnya..)
            Jika Bunda mengalami masalah seperti yang saya alami diatas, mungkin mau coba berpikir dan bertidak saya yang cukup ampun mengatasi susah makan anak saya. Inilah yang saya pikir dan kerjakan :
1. Anak harus makan, supaya alat pencernaannya tidak terganggu.
2. Bebaskan pikiran kita dalam membatasi makanan anak ( niatnya baik sih..untuk kesehatan ).
3. Jika anak bisa minum vitamin, minumin vitamin untuk membantu daya tahan tubuhnya.
4. Rajin membuat variasi makanan, dalam sehari saya bisa membuat bermacam-macam makanan yang kadang terpaksa di buang karena anak tidak mau, tapi jangan menyerah, lakukan terus menerus.
5. Sediakan roti tawar/tawar manis di rumah selalu 
6. Untuk anak yang alergi susu sapi dan usia sudah diatas 1 th, bisa coba susu segar ( kalau saya sih pakai susu Ultra yang plain ), bunda bisa coba apa saja :)
7. Perlu di ketahui bahwa anak akan ada masanya untuk mau makan, sebagai ibu kita hanya harus menjaga alat percernaan anak kita pada waktu tidak mau makan supaya tidak bermasalah nantinya yaitu memberi makan anak pada waktu makannya.
8. Makanlah bersama anak ( jika anak sudah bisa duduk ), tujuannya supaya anak melihat kita makan sehingga membantu meningkatkan selera makan anak.
9. Anak itu peniru, kalau orang tuanya termasuk yang suka pilih-pilih makanan, biasanya anak akan ikut begitu, jadi orang tua mencontohkan yang baik yaa..:)
10. Membiarkan anak lapar adalah salah satu cara membujuk anak makan makanan yang tidak dia sukai, tapi kadang kita kwatir duluan yaa he...he..he..he.. tapi itu cara yang saya lakukan dan ternyata cukup ampuh mengatasi susah makan anak saya :)


10 tips dari saya ini semoga membantu bunda yang menghadapi anak susah makan yaa...o yaa buang paradigma yang mengatakan bahwa anak HARUS makan nasi baru dikatakan itu makan....ga harus nasi kok, bisa outmeal, scramble atau roti, tidak masalah...yang bunda juga perlu tahu adalah orang akan merasa lapar biasanya 4-6 jam setelah dia makan terakhir kali...jadi memberi makan pada waktu yang tepat  ( saat anak lapar ) biasanya lebih berhasil :)
 semoga membantu yaa..:) 



Baca ini juga :
http://solusikesehatanibudananak.blogspot.com/2012/08/sudah-38-minggu-bayi-belum-lahir.html
http://solusikesehatanibudananak.blogspot.com/2012/08/obat-pilek-tradisional-untuk-anak-atau.html
http://solusikesehatanibudananak.blogspot.com/2012/08/obat-tradisional-untuk-sariawan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hosting Unlimited Indonesia