Cari Blog Ini

Minggu, 03 Februari 2013

Bintik Bintik Merah pada Bayi

Bunda...

Jika menemukan  bintik-bintik merah pada wajah, kepala, telinga, leher, dan pipi bayi mirip jerawat jangan panik. Ini bisa juga berarti dermatitis atopik (DA) yang diketahui muncul pada 50% bayi.
Biasanya bayi yang mengalaminya akan merasa gatal dan bertambah gatal pada malam hari. Rasa gatal itu juga muncul bila ada rangsangan dari garukan, keringat, udara kering, bahan iritan (sabun, detergen), atau bila terinfeksi kuman.
Beberapa cara dapat mengurangi rasa gatal akibat DA, tetapi jangan gunakan bedak (talcum powder) karena bedak bisa mengiritasi kulit bayi.  Atasi DA dengan menambah kelembapan kulit bayi menggunakan krim atau losion bayi.
Gunakan sabun hipoalergnik atau tanpa detergen. Kenakan pakaian yang menyerap keringat, tidak tebal,  dan berpermukaan halus pada bayi.
Pengobatan selanjutnya adalah pemberian salep kulit yang mengandung bahan glukokortikoid. Namun, penggunaan salep ini harus dengan konfirmasi atau persetujuan dokter.

Perlu di ingat, bahwa kasus pada setiap bayi ada kemungkinan berbeda, apabila tidak ada perkembangan positif, bisa langsung konsultasi ke Bidan / Dokter anda.

Semoga lekas sembuh yaa.. :)



Baca Juga   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hosting Unlimited Indonesia